Gebrakan Prabowo-Gibran: Potensi Kemenangan Telak dalam Satu Putaran Menurut Hasil Survei indEX

Prabowo dan gibran
Sumber :
  • Viva.co.id

Siap –Lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research baru-baru ini merilis hasil survei yang menunjukkan elektabilitas bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming telah mencapai 50,4 persen dalam simulasi tiga pasangan.

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

 Menurut Direktur Eksekutif indEX Research, Vivin Sri Wahyuni, pasangan Prabowo-Gibran berpeluang besar untuk memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Dalam survei yang dilakukan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh elektabilitas sebesar 26,0 persen, sementara pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapatkan 16,8 persen. 

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Sisanya, sebanyak 6,8 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut Vivin, capaian elektabilitas lebih dari 50 persen oleh salah satu pasangan bisa mengarah pada penyelenggaraan Pemilu Presiden 2024 dalam satu putaran saja. 

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Hal ini akan menghilangkan kekhawatiran terkait berlarut-larutnya proses politik jika pemilu harus dilakukan dalam dua putaran.

Vivin juga mengamati bahwa kehadiran Gibran sebagai bakal calon wakil presiden bagi Prabowo memberikan energi luar biasa dan mengangkat elektabilitas mereka dalam simulasi tiga pasangan calon. 

Halaman Selanjutnya
img_title