Benarkah Kaesang Dipanggil Paksa KPK?

Tangkapan layar Youtube Kaesang dipanggil KPK
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Channel Youtube Garis Politik membagikan sebuah video yang menampilkan thumbnail Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep seolah berada di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Video yang diunggah pada 31 Agustus 2024 lalu diberikan narasi yang menyatakan bahwa Kaesang dipanggil paksa oleh KPK.

Intip Harta Kekayaan Gusrizal, Mertua Kiky Saputri Calon Dewas KPK: Tanahnya Banyak, Nih Bocorannya

"KAESANG DI PANGGIL KPK ?.@garispolitik1320. MENGEJUTKAN..! DI PANGGIL PAKSA KPK? GRATIFIKASI KAESANG SERET GIBRAN & JKW," tulis narasi tersebut seperti dikutip siap.viva, Rabu, 4 September 2024.

Berdasarkan penelusuran Turn Back Hoaks (Mafindo), informasi tersebut adalah hoaks. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Yakin Menang Pilkada Depok, Kader PSI Ungkap Alasan Partainya Usung Supian Suri-Chandra Rahmansyah

Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel dari tribunnews.com berjudul “Kirim Utusan Klarifikasi Kaesang, KPK Disentil Boyamin Saiman: Aneh Kalau Mereka Mendatangi”.

Artikel tersebut membahas tentang upaya pimpinan KPK untuk melakukan klarifikasi kepada putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep terkait dugaan gratifikasi jet pribadi yang digunakan untuk pergi ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono.

Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Menkominfo Angkat Bicara: Enggak Ada Itu dari Temannya

Thumbnail yang ditampilkan dalam video merupakan hasil manipulasi dari gambar lobi gedung KPK yang dimuat artikel detik.com dengan judul “Gedung KPK Kembali Dibuka, Pegawai Masuk Kantor Dibatasi 50 Persen”. Dalam gambar aslinya tidak menampilkan sosok Kaesang.

Selain itu, terdapat juga gambar personel Brimob dalam thumbnail. Gambar tersebut bersumber dari artikel detik.com yang berjudul “Digiring Personel Brimob, Bupati Mimika Tiba di Gedung KPK”.

Halaman Selanjutnya
img_title