Dukung Pusat Data Hijau, Shell Luncurkan Produk Terbarunya, Apa Itu?

Vice President Marketing Lubricants PT Shell Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Shell kembali memperkenalkan produk terbarunya. Kekinian, itu berupa cairan pendingin imersi (immersion cooling fluids). Adapun kegunannya, untuk menjaga komponen komputer tetap dingin dengan cara yang lebih efisien. 

Shell Luncurkan Produk untuk Industri Tenaga Listrik, Ini Keunggulannya

Sebagai informasi, produk Shell Lubricants ini pertama kali hadir di Indonesia dan bertujuan untuk mengurangi konsumsi energi, air, dan emisi karbon dioksida untuk bisnis pusat data (data center) yang sedang mengalami pertumbuhan.

Vice President Marketing Lubricants PT Shell Indonesia, Arie Satyanggoro, menambahkan, produk immersion cooling fluids ini merupakan solusi energi terintegrasi Shell Lubricants. 

DKI Jakarta Masuk Tiga Besar Predikat Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia

"Fungsinya untuk mendukung server data dan komponen teknologi informasi (TI) dalam meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keberlanjutan," kata dia dikutip pada Selasa, 21 November 2023. 

Adapun produk tersebut, jelas Arie, terbuat dari gas alam menggunakan proses gas-to-liquid (GTL). 

Prakiraan BMKG Sebagian Wilayah di Indonesia Hujan Sedang hingga Lebat, Cek Daerahmu di Sini

Ia mengklaim produk ini telah dikembangkan selama lebih dari 40 tahun dan ditujukan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi industri sektor pusat data. 

"Hal itu terkait dengan permintaan akses informasi yang lebih cepat dengan cloud computing, media streaming, dan pertumbuhan AI (artificial intelligence), tapi juga harus dioperasikan dengan cara-cara yang ramah iklim (climate-friendly),” terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title