Begadang Bikin Performa Otak Manusia 7 Tahun Lebih Tua

Ilustrasi orang begadang
Sumber :
  • Pinterest

Siap – Apa kamu sering begadang dan mempunyai gangguan pada jam tidur? Kebiasaan tidur kurang dari 7-8 jam semalam dapat menyebabkan fungsi otak menurun. Di dalam tubuh terdapat variasi biologis yang terjadi dalam waktu 24 jam yang disebut dengan irama sirkadian.

Susah Bangun Pagi? Hindari Main Gawai di Kamar

Irama ini dikendalikan oleh jam biologis tubuh. Banyak fungsi tubuh yang dikendalikan oleh jam biologis tersebut, termasuk waktu tidur dan terjaga. Tidur dan terjaga merupakan bagian yang terpenting dari irama sirkadian.

Dilansir dari situs halodoc, irama sirkadian sendiri merupakan salah satu dari beberapa ritme tubuh yang dimodulasi oleh salah satu bagian otak yang bernama hipotalamus. Selain itu, hal yang memengaruhi ritme tidur dari sirkadian adalah cahaya.

Begini Pembelaan Dekan FISIP UI saat Mahasiswanya Tidur di Kuliah Umum Ganjar

Orang-orang yang terjaga pada malam hari bertentangan dengan isyarat pengatur tidur yang kuat, seperti sinar matahari, dan mereka akan sering mengantuk pada saat siang hari dan mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Semua masalah tidur yang terjadi, terkait dengan terganggunya irama sirkadian.

Penyesuaian ini tentu akan berpengaruh ke otak, sehingga memori atau ingatan pun akan ikut terpengaruh. Namun, hal yang lebih berperan adalah pasokan oksigen ke otak. Apabila tubuh mengalami kelelahan, suplai oksigen ke otak akan mengalami kekurangan.

Kesaksian Guru Lihat 3 Muridnya Tertimpa Bangunan Sekolah Akibat Gempa Dangkal Bandung

Otak merupakan organ yang paling sensitif dan memerlukan oksigen dalam jumlah banyak. Apabila jumlah oksigen ke otak kurang, bisa timbul gejala seperti pusing, serta kemampuan ingatan atau memori yang menurun.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat ditimbulkan akibat dari kurang tidur atau begadang:

Halaman Selanjutnya
img_title