Jesse Marsch, Pelatih Kanada dan Orang Amerika yang Anti-Amerika

Jesse Marsch Anti-Amerika
Sumber :
  • nytimes.com

Siap – Baru ditunjuk sebagai pelatih timnas Kanada, Jesse Marsch langsung mengukir sejarah. Untuk pertama kali dalam sejarah Jonathan David dkk melenggang ke semifinal Copa America.

Lebih menakjubkan lagi sejarah ini dibuat pada keikutsertaan perdana Kanada di Copa America. Bagi Marsch sendiri ini jadi catatan istimewa.

Sejarah bersama Kanada ia buat di tanah kelahirannya, Amerika Serikat. Menariknya, sebagai orang asli Amerika dan mantan penggawa timnasnya, Marsch bisa dibilang Anti-Amerika.

Ada dua hal yang membuat mantan nakhoda RB Leipzig tidak menyukai negaranya. Pertama terkait penyelenggaraan Copa America 2024.

Menurut Marsch, negaranya sangat tidak profesional selaku tuan rumah. Kritikan ini tak lepas dari carut-marutnya fasilitas dan tingkat keamanan yang mengkhawatirkan.

“Copa America yang berlangsung sekarang di sini tidak profesional bagi saya, terlalu banyak celah dalam penanganan dan pengalaman kami secara keseluruhan dalam perspektif sehari-hari,” kata Jesse Marsch saat konferensi pers jelang melawan Uruguay.

“Kami diperlakukan seperti warga negara kelas dua di sini. Terlalu banyak permainan fisik, kepemimpinan wasit yang patut dipertanyakan,” ia menambahkan.