FIFA dan AFC Beri Sanksi Jepang, Indonesia Lolos Piala Dunia 2026?

Tumbnail timnas Jepang didiskualifikasi
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dikabarkan memberi sanksi tegas kepada timnas Jepang

Hal tersebut terungkap dari unggahan konten akun Youtube Timnas Pedia. Namun, dari unggahan tersebut tidak dijelaskan alasan kenapa Jepang didiskualifikasi.

Akibat sanksi tersebut, FIFA dan AFC menyatakan bahwa timnas Indonesia lolos kualifikasi Piala Dunia 2026.

"TANGIS PECAH SEKETIKA! FIFA DAN AFC RESMI SANKSI TIMNAS JEPANG, INDONESIA AUTO LOLOS PIALA DUNIA NIH," tulis narasi dalam tumbnail konten Timnas Pedia seperti dikutip di Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024.

Berdasarkan penelusuran Turn Back Hoaks (Mafindo), narasi yang disampaikan dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang ditulis pada judul dan thumbnail video.

Narator justru menyampaikan terkait Timnas Bahrain yang diberikan sanski oleh FIFA dikarenakan ulah suporternya yang mengarahkan laser hijau kepada pemain Timnas Jepang pada pertandingan 10 September 2024 lalu tanpa sedikitpun membahas mengenai Timnas Jepang.

Hingga saat ini pun tidak ditemukan pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh FIFA dan AFC terkait pemberian sanksi kepada Timnas Jepang.