Pengamat Sebut Ridwan Kamil Butuh Kerja Keras Melawan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Potret Ridwan Kamil Bersama Anies Baswedan
Sumber :
  • istimewa

Siap – Nama mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masuk radar calon Gubernur di Pilkada Jakarta untuk diusung oleh Koalisi Indonesia Maju atau KIM.

Ridwan Kamil dianggap paling kompetitif untuk melawan Anies Baswedan yang akan kembali maju dalam Pilgub Jakarta 2024.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengungkapkan, sosok Ridwan Kamil menguat karena dinilai bisa menjadi rival yang kompetitif bagi Anies Baswedan.

"Berdasarkan survei yang kuantitatif, maka soal yang relatif kompetitif bisa menyaingi Anies Baswedan di Jakarta hanyalah Ridwan Kamil dari kubu KIM," kata Adi dikutip dari tayangan Catatan Demokrasi di tvOne, Selasa, 18 Juni 2024.

Dalam hal ini Adi menyebut, partai Golkar sebagai partai yang menaungi Ridwan Kamil lebih condong mengusungnya di Pilkada Jawa Barat dibandingkan Jakarta. Sebab menurut Adi, Ridwan Kamil nyaris tak memiliki lawan tanding yang sepadan jika maju di Pilkada Jawa Barat.

"Ridwan Kamil di Jawa Barat relatif nyaris tidak ada lawan tanding yang sepadan, bahkan ada yang menyebut Ridwan Kamil merem saja bisa menang," ucap dia.

"Beda ceritanya dengan di Jakarta, butuh kerja keras melawan Anies yang mantan petahana dan per hari ini juga cukup kuat. Ini yang menjadi tarikan-tarikan di koalisi di KIM sekalipun itu belum satu nama terhadap Ridwan Kamil," pungkas Adi.