Hasil Survei Elektabilitas Terbaru: Prabowo Makin Moncer, Ganjar Terjun Payung, Anies Terus Merosot

Potret ilustrasi tiga paslon Capres-Cawapres
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Litbang Kompas yang merilis hasil survei terbaru elektabilitas capres-cawapres di Pilpres 2024 dan hasilnya cukup mencengangkan. Pasangan Calon Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul Jauh dari dua pasangan lainnya.

Hasil survei terbaru elektabilitas pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran moncer di posisi pertama dengan 39,7 persen.

Sementara elektabilitas pasangan calon presiden Ganjar Pranowo- Mahfud MD malah terjun payung dari yang sebelumnya 34,1 persen suara, kini hanya mendapat 18 persen.

Penurunan itu juga terjadi pada elektabilitas Anies Baswedan. Namun, penurunan pasangan calon presiden Anies Baswedan - Cak Imin tidak terlalu signifikan seperti Ganjar Pranowo.

Pada Agustus 2023, elektabilitas Anies mencapai 19,2 persen. Tapi, menjelang debat, elektabilitasnya menurun menjadi 17,4 persen.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 29 November-4 Desember 2023. Sebanyak 1.364 responden yang dipilih secara acak dilibatkan dalam pengambilan survei ini.

Batas kesalahan survei ini kurang lebih 2,65 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.