Detik-detik Walikota Pontianak Berhasil Mendirikan Telur di Momen Kulminasi Matahari

Puncak Kulminasi Telur Berdiri Tegak di Pontianak
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Momen kulminasi matahari terjadi dua kali dalam setahun di Kota Pontianak, Kalimantan Barat dirayakan Pontianak lewat Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak di Tugu Khatulistiwa.

Tepat pukul 11.35 WIB matahari berada di atas titik nol derajat garis lintang dan bujur bumi. Setiap objek yang berada di bawahnya tidak memunculkan bayangan. Fenomena itu disebut kulminasi.

Pada titik kulminasi matahari atau disebut hari tanpa bayangan ada fenomena menarik dimana telur bisa berdiri tegak lurus tanpa dibantu dengan alat.

Berbagai agenda dilaksanakan, mulai dari hiburan pertunjukan seni, pengamatan astronomi, launching logo Hari Jadi ke-253 Pontianak hingga mendirikan telur. Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengatakan, kegiatan hari titik kulminasi akan terus dilaksanakan setiap tahun.

“Antusias masyarakat sudah tinggi karena sudah gaung nasional. Tapi kita akan evaluasi terus demi perbaikan supaya lebih inovatif dan kreatif,”jelas Ani Sofian dikutip Selasa, 24 September 2024.

Ani Sofian menyebut, perlunya kolaborasi dengan banyak sektor untuk menambah semarak kegiatan. Selain itu pihaknya berencana untuk meningkatkan kualitas infrastruktur kawasan Tugu Khatulistiwa agar lebih memikat wisatawan.

“Sekarang sudah ada beberapa yang selesai direhab. Nanti ke depan tentu akan menjadi magnet bagi wisatawan, rencananya dibangun juga planetarium, penghijauan serta penataan pedagang di kawasan ini,”sebutnya.