Detik detik BMKG Ungkap Soal Gempa Bumi di Kab Bandung dan Sesar Garsela, 8 Kali Gempa Susulan

Potret ilsutrasi titik gempa bumi
Sumber :
  • Istimewa

SiapGempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung dan Garut yang disebabkan oleh sesar garsela pada Rabu 18/9/2024 kemarin menjadi sorotan publik.

Firga Librian BMKG Bandung akhirnya mengungkapkan detik detik terjadinya gempa bumi tersebut.

Ia mengatakan bahwa gempa bumi yang dirasakan pada Rabu 18/9/2024 kemarin berkekuatan 5.0 Mangnitudo terjadi di wilayah Kabupaten Bandung dan berdampak pada kerusakan bangunan disekitar.

"Untuk parameternya itu, kekuatan 5.0 Mangnitudo dengan center 7,19 lintang selatan, 107.67 bujur timur dengan kedalaman 10 KM," ungkapnya seperti dilansir Youtube kompas tv.

Lebih lanjut Firga mengatakan, gempa bumi tersebut disebabkan oleh aktivitas sesar garsela (Garut Selatan) dengan mekanisme pergerakan oblik normal.

"Untuk sesar garsela itu sendiri melintang di daerah Kabupaten Garut melintasi Kabupaten Bandung Selatan dan melewati dua Kabupaten yang Garut dan Bandung," katanya.

Setelah gempa bumi berkekuatan 5.0 Mangnitudo, kata Firga, pihaknya mencatat terjadi delapan kali gempa susulan dengan mangnitudo terbesar selama 7 menit setelah gempa utama dengan kekuatan 3.2 Mangnitudo.