Dua Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kalbar, Lima ABK Hilang

Tim Basarnas Pontianak Melakukan Pencarian Dua Kapal Nelayan Tenggelam
Sumber :
  • Ngadri/siap.Viva.co.id

Siap –Diterjang gelombang KM Sinar Bintang 1 dan KM Karya Sampurna 7 tenggelam di perairan Pulau Datok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada Selasa 17 September 2024.

Kasi Operasi dan Siaga Eryk Subariyanto membenarkan adanya persitiwa kapal KM Sinar Bintang 1 tenggelam di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah dan KM. Karya Sampurna 7 tenggelam di Perairan sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

‘’Dua kapal Tersebut tenggelam hampir bersamaan pagi, Satu di Perairan sungai Kakap dan satu lainnya di Perairan Pulau Datuk. Kedua Kapal tersebut tenggelam akibat hempasan gelombang dan terpaan angin secara bersamaan yang menyebabkan kapal oleng dan tenggelam,’’jelas Eryk dikutip pada Rabu, 18 September 2024.

Ia Melanjutkan bahwa kedua kapal tersebut merupakan kapal pencari ikan. ‘’ Kedua Kapaln tersebut merupakan kapal pencari ikan yang pada saat kejadian tengah melakukan aktivitas,’’imbuhnya.

Eryk mengungkapkan, terdapat lima orang korban yang belum ditemukan dalam dua peristiwa itu ‘’Korban hilang dalam peristiwa ini berjumlah lima orang. Dua orang korban hilang dari KM Karya Sampurna 7 dan tiga orang korban hilang dari KM Sinar Bintang 1,’’ungkapnya.

‘’Sedangkan untuk korban selamat telah diserahkan kepada pihak perusahaan masing-masing,’’sambunya.

Ia menuturkan bahwa pencarian telah dilakukan pada dua peristiwa ini. ‘’Proses pencarian telah kami ( tim SAR gabungan) lakukan. Hingga selesainya pencarian hari pertama, esok pencarian akan dilanjutkan kembali dengan masing-masing penyisiran seluas 36 Nautical Mile,’’pungkasnya.